Sabtu, 29 Mei 2010

KECERDASANNYA BERVARIASI.

Kira-kira 40 % dari anak autis mempunyai taraf kecerdasan yang rendah (IQ dibawah 50), 30 % mempunyai IQ sekitar 70 atau lebih. Sisanya mempunyai taraf kecerdasan yang normal. Pernah ditemukan anak autis yang mempunyai bakat luar biasa dalam suatu hal tertentu, misalnya melukis atau berhitung. Mereka inilah yang disebut idiot savant.
Demikian juga gejala-gejala autisma tampak berbeda dalam gradasinya. Gejala-gejala yang lengkap ada yang hanya menunjukkan beberapa gejala saja. Perjalanan hidup anak ini selanjutnya sangat dipengaruhi oleh taraf kecerdasannya, taraf perkembangan bahasanya. Dan juga oleh bnyaknyagejala autisma yang tampak. Makin kurang gejala autisma makin tinggi taraf kecerdasannya dan makin baik perkembangan bahasanya, maka kamin besar kemungkinnan baginya untuk dikemudian hai mampu mengadakan penyesuaian sosial dan hidup mandiri.
Namun biasanya mereka tetap canggung di dalam pergaulan. Anak autis dengan taraf kecerdasan yang rendah, dengan perkembangan rasa yang sangat minim, lebih sulit untuk dididik dan biasanya tetap tidak akan mampu hidup mandiri.
(buku : Kumpulan Artikel Psikologi anak 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar