Sabtu, 29 Mei 2010

Mengenali anak sindrom asperger

Anak anda tidak mau bermain dengan teman-teman sebayanya? Ataukah ia canggung saat berkumpul bersama mereka? Jangan marahi dulu. Siapa tahu ia menderita sindrom asperger. Kenalilah gejala-gejala yang mirip dengan autism itu.
Sindrom aspergernadalah gejala kelainan perkembangan syaraf otak yang diungkapkan pertama kali oleh seorang dokter berkembangsaan Austria. Namamya Hans Asperger. Istilah sindrom asperger itu sendiri digunakan pertama kali untuk Lorna Wing dalam sebuah makalah yang dipublikasikan pada tahun 1981. Pada tahun 1944, Hans Asperger yang berprofesi dokter menyebarkan penelitiannya menggapai pola perilaku beberapa anak yang memiliki tingkat itelegensi dan perkembangan bahasa yang normal, tapi memperlihatkan perilaku mirip autism serta gagap dalam hubungan social kurang cakap bekominikasi
Hans asperger juga mendirikan klinik pemulihan bagi anak-anak semacam itu. Sayang, kliniknya itu luluh lantak akibat pemboman sekutu. Beruntung dia selamat dan setelah itu karirnya terus menanjak hingga menjadi dokter yang sangat dihormati. Dia meninggal pada tahun 1980, hanya selisih beberapa tahun sebelum sindrom yang menggunakan namanya itu mendapat pengakuan internasional.
“msi. Dari berbagai sumber”
(majalah : MataAir Edisi 26 tahun 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar