Sabtu, 29 Mei 2010

Obat dibuat Khusus

Homeopati lain lagi cara kerjanya. Terapi yang berkembang sejak abad XVIII ini merupakan system pengobatan untuk menyeimbangkan fisik, mental , juga emosi. Praktis homeopati memberikan obat khusus untuk masing-masing orang dengan gejala yang berbeda-beda.
Obatnya berupa camputan bahan dan hewan, tumbuhan, dan mineral berbentuk larutan pekat. Jadi, satu obat tidak sama dengan orang lainnya. Walaupun didiagnosisnya sama. Karena diracik khusus untuk tiap pasien, menurut dokter naturopi Judith Reichenberg-Ullman, ND, MSW dan Robert Ullman, ND, obat tidak sama untuk gejala ADD/ADHD juga dapat menyembuhkan gejala lainnya, seperti infeksi telinga dan sakit kepala. Pengobatan tradisional cina merupakan yang tertua didunia ini masih bertahan sampai sekarang. Prinsip berdasarkan harmonisasi tumbuh dengan alam dan aliran dari energy vital (qi) keseluruh tubuh.
Ada dua hal penyebab ADD, yaitu factor genetic dan gangguan fungsi hati. Bila diakibatkan oleh ganngguan fungsi hati, organ hatinya secara fisik baik, hanya hubungan “energy” nya dengan organ tubuh lainnya yang tidak seimbang. Karena energy organ hati sangat kuat, ia “mencuri” tambahan energy dari paru-paru dan ginjal. Kedua organ itu menjadi terlalu lemah untuk membuat kerja hati tetap terkontrol.
Gaya hidup masa kini dengan jadar stress tinggi ADHD sulit dikontrol. Diet anak perlu diperhatikan, khususnnya dari titik pusat energy. Beberapa makanan dapat membawa energy memicu kerja hati sehinggga menjauhi keseimbangan.
Hindari makanan junkfood, bukan karena semata-mata alasan kesehatan, tetapi karena makanan itu meningkatkan “ panas” didalam organ hati. Goreng-gorengan, bumbu dan makanan panggang juga memberikan efek serupa. Karena itu, anak harus banyak makan sayuran hijau, karena dapat membantu mendinginkan/ menurunkan panas dalam hal hati. Juga minum sari buah (jus) semangka dan sebisa mungkin, hindari makanan daging.
Menghidari situasi/ kejadian yang merangsang anak, juga akn membantu. Medan listrik yang dibangkitkan dari permainan computer, tidak baik bagi anak ADHD. Ajaklah anak beraktivitas menenangkan seperti berenang, tai chi, yoga, dan meditasi. Akupuntur, akupresur, dan jamu-jamuan bisa menberikan efek melegakan. Jika anak dinerikan obat, perhatikan bagian perut (lambung). Banyak anak ADHD kehilangan nafsu makan atau berat badan meningkat dikemudian hari, akibat fungsi energy lambung tidak seimbang.
By : Femi olivia
(buku : Kumpulan Artikel Psikologi Anak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar