Sabtu, 29 Mei 2010

TERAPI ASPERGER

Sesuai perkembangan otak,kalau kelainan itu diketahui dini, maka bias distimulasi atau di beri obat agar berkembang kearah yang lebih baik. Namun, kalau sudah terlambat deteksinya, yaitu sudah berusia 5 atau 6 tahun, maka sulit penanganannya, karena perkembangan otak sudah berhenti. Pada umur 5 tahun, bagian otak yang disebut sinpas, yaitu sambungan antar syaraf dimana bahan kimia serotonim bekerja akan berhenti.
Kini, teknik-teknik terapi sudah jauh lebih maju dan fasilitas sudah banyak. Salah satu terapi yang biasa dilakukan adlah dengan mengajak anak bermain. Stimulasi ini diketahui memperbaiki sinaps dan meningkatkan kadar serotonim.
Jelas, anak asperger masih bias diterapi, terutama dalam hal kemampuan bersosialisasi, pasalnya kemampuan mereka bersosialisasi sangat kurang. Cara terapi yang paling baik adalah mengajarkan anak bagaimana berinteraksi dengan orang lain. Terapi dalam bentuk peer group akan lebih baik lagi. Orang tua perlu mengajarkan emosional, misalnya : mengajarkan bagaiman harus bersikap jika menghadapi situasi tertentu. Mereka juga membutuhkan pendidikan khusus bagi kebutuhannya. Dan juga butuh latihan kemamapuan untuk bersosialisasi serta terapi wicara
“msi. Dari berbagai sumber”
(majalah : MataAir Edisi 26 tahun 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar